Kamis, 27 Januari 2011

mengenal sedikit kota-kota di sulawesi tengah

Sekarang saya coba ajak teman-teman untuk sedikit mengenal kota-kota yang ada di Sulawesi Tengah. Kita mulai dari kota PALU.
  • PALU
Palu adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Tengah. Palu terletak sekitar 1.650 km di sebelah timur laut Jakarta. . Penduduknya berjumlah 282.500 jiwa (2005). Mayoritas penduduknya adalah suku kaili yang merupakan suku asli kota palu. Suku-suku pendatang umumnya berasal dari wilayah selatan/makassar (bugis) dan juga dari jawa, bali dan toraja.

Letak Geografi
Kota Palu terletak pada koordinat 0°54′ LS 119°50′ BT. Adapun batas-batas wilayahnya adalah sbb :

Utara  bebatasan dengan Kab. Donggala
Timur  berbatasan dengan Kab. Sigi, Kab. Donggala dan Kab. Parimo
Selatan  berbatasan dengan Kab. Sigi
Barat  berbatasan dengan Kab. Donggala


 Jarak dengan kota-kota lainnya
Jarak antara kota Palu dengan Ibu Kota Kabupaten lainnya adalah sebagai berikut :
Jarak Antara              Kilometer
 Palu - Poso                             221 Km
 Palu - Luwuk                          607 Km
 Palu - Toli-Toli                       439 Km
 Palu - Donggala                       34 Km
 Palu - Parigi Moutong              66 Km
 Palu - Morowali                     756 Km
 Palu - Buol                             806 Km
 Palu - Tojo Unauna               300 Km
 Palu - Sigi                      08 Km

Sarana Transportasi.
Kota Palu mempunyai sebuah bandara internasional, yaitu Bandara Mutiara. Untuk transportasi laut, kota palu mempunyai dua pelabuhan yakni pelabuhan feri Wani yang melayani rute penyeberangan di wilayah sulteng dan pelabuhan Pantoloan yang melayani rute penyeberangan antar pulau di indonesia.
pelabuhan pantoloan

Transportasi Darat
Transportasi darat di daerah ini antara lain:
-Angkot 
Di kota Palu terdapat sekitar 800 bus mini atau juga dikenal dengan sebutan angkot yang menjadi komuter utama di kota ini. Jumlah angkot di kota ini sering kali dianggap terlalu banyak mengingat kota ini hanya membutuhkan sekitar 500 angkot. Hal ini berarti terdapat 2 angkot untuk seorang komuter. Biaya Rp. 3.500,- untuk orang dewasa dan Rp. 2.000,- untuk pelajar. Uniknya, meskipun trayek angkot telah ditetapkan, setiap angkot dapat saja mengantar penumpang ke mana saja sepanjang supir angkot berkenan. Satu hal lagi yang unik adalah, angkot tersebut disebut sebagai "Taksi" oleh penduduk setempat.
-Bus 
Pada umumnya bus hanya digunakan untuk transportasi dalam skala besar dan bus tidak bersifat publik di dalam kota. Terminal bus di kota palu ada tiga, yakni terminal mamboro, terminal petobo dan terminal tipo.
-Taksi 
Taksi adalah komuter paling eksklusif di kota ini. Penduduk setempat menggunakan kata "argo" untuk menyebut komuter ini, mengacu pada argometer yang melengkapi setiap taksi.

Adat-istiadat
Kota Palu (karena mayoritas suku kaili) memiliki sebuah upacara adat yang terkenal yakni upacara adat Balia atau penyembuhan penyakit dengan perantara roh nenek moyang. Upacara adat ini masih sering di jumpai di wilayah-wilayah yang berpenduduk asli suku kaili (kabupaten sigi, Donggala dan parimo)
 

Dirangkum dari berbagai sumber.
gambar : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar