Rabu, 20 Maret 2013

SEPUTAR KELAHIRAN DAN SILSILAH Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufrie ‘GURU TUA’





Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufrie “Guru Tua” dilahirkan di Taris, Sebuah kota kecil yang letaknya tidak jauh dari kota Saiwun, Ibu kota Provinsi Hadramaut (Yaman Selatan) pada hari Senin tanggal 14 Sya’ban 1309 Hijriah atau bertepatan pada tahun 1889 Masehi. Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufrie mempunyai silsilah atau garis keturunan dari keluarga besar Ba’alawi, keturunan ulama besar.
Sementara neneknya bernama Nur dari keluarga Aru Matoa, Bugis Wajo (Sengkang) Sulawesi Selatan, dan meninggal di Hadramaut. Beliau adalah putera ke empat dari enam bersaudara, yang susunannya sebagai berikut :

1.        Sayyid Abdul Kadir, wafat di Cianjur Jawa Barat
2.       Sayyid Syekh, wafat di Solo Jawa Tengah
3.       Sayyid Alwi, wafat di Hadramaut
4.       Sayyid Idrus (Guru Tua), wafat di Palu, Sulawesi Tengah
5.       Sayyid Abu Bakar, wafat di Solo Jawa Tengah
6.       Syarifah Lu’lu, wafat di Hadramaut

Apabila ditarik garis lurus ke atas, keturunan beliau berjumpa kepada Ali bin Abi Thalib yang merupakan khalifah ke empat, keponakan sekaligus menantu Rasulullah SAW dari Fatimah. Untuk lebih jelasnya sistematika guru tua adalah sebagai berikut :
1.        Ali bin Abi Thalib
2.       Husain
3.       Ali Zainan Abidin
4.       Muhammad al-Baqir
5.       Ja’far al-Shadiq
6.       Ali al-Aridh
7.       Muhammad al-Naqib
8.       Isa al-Naqib
9.       Ahmad al-Muhajir
10.   Ubaidillah
11.      Muhammad al-Faqih al-Muqaddam
12.    Ali
13.    Muhammad
14.    Ali
15.    Alawi
16.    Muhammad
17.     Alawi
18.     Ahmad
19.    Muhammad
20.  Ali
21.    Muhammad
22.   Abu Bakar al-Hafri
23.   Alawi
24.   Abdullah
25.   Muhammad
26.   Idrus
27.   Salim
28.   Husain
29.   Abdullah
30.  Alawi
31.    Saqqaf
32.   Alawi
33.   Salim Idrus


Selama hidupnya, Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufrie pernah menjalani pernikahan selama tujuh kali. Perkawinan pertamanya adalah dengan seorang perempuan Hadramaut, puteri Sayyid Umar al-Balghi dan Beliau dikaruniai seorang anak perempuan namun pernikahan ini tidak bertahan lama. Perkawinan kedua dengan puteri Sayyid Hasan al-Bahr juga di Hadramaut dan Beliau di Karuniai tiga orang putera yaitu : Sayyid Muhammad bin Idrus Aljufrie, Sayyid Salim bin Idrus Aljufrie, dan Syarifah Ragwan binti Idrus Aljufrie.

Setelah datang ke Indonesia, Beliau menikah dengan Syarifah Aminah binti Thalib Aljufrie di Pekalongan, Jawa Tengah. Dari perkawinan ketiganya, beliau mempunyai dua orang anak, yaitu Syarifah Lu’lu binti Idrus Aljufrie dan Syarifah Nikmah binti Idrus Aljufrie. Sementara perkawinan ke empat beliau di Ngessa, Jawa Timur tetapi tidak dikaruniai anak.
Kemudian, Beliau pindah ke Palu, Sulawesi Tengah dan di sana beliau menikah dengan seorang janda bangsawan yakni H. Ince Ami (ite). Dari perkawinannya ini beliau dikaruniai dua orang anak perempuan yaitu Syarifah Sa’idah binti Idrus Aljufrie dan Syarifah Sa’adiyah binti Idrus Aljufrie.

Sebelum beliau menikah dengan H. Ince Ami, masyarakat Wani pernah menjodohkannya dengah seorang puteri bernama Syarifah Kaltsum, tetapi tidak mendapatkan keturunan. Dan terakhir beliau menikah dengan Syarifah Hawlah binti Husain Al-Habsyi juga tidak mendapatkan keturunan





Sumber : Pettalongi, H.M. Noor Sulaiman. 2005. Modernisasi Pendidikan dan Dakwah Di  Tanah Kali (1930-1969). Yogyakarta : Idea Press
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar