Minggu, 13 Maret 2011

10 Sungai Terpanjang di Dunia

1. Sungai Nil

Banyak yang ketika mendengar nama Sungai Nil, langsung membayangkan sebagai Mesir. Padahal Sungai terpanjang di dunia ini (6690 km) melewati beberapa negara. Hulunya terletak di gunung Kilimanjaro di Tanzania.  Sungai ini menghidupi milyaran manusia dari berbagai wilayah, peradaban dan masa. Di tanah Afrika yang tandus, keberadaan sungai ini memang sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya, seperti yang dilansir VOA news, beberapa negara di Afrika memperebutkan hak pengelolaan sungai ini.
peta sungai Nil



2. Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia. Panjangnya 6400 km.  Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap "terkuat" (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).
Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan.
Aliran Amazon merupakan 1/5 dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Oleh sebab itu air laut yang berada dekat dengan muara sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.
Mata air             : Nevado Mismi 
Mulut sungai   : Samudra Atlantik
Negara DAS    :  Brasil (62,4%), Peru (16,3%)
                               Bolivia (12,0%), Kolombia (6,3%)
                               Ekuador (2,1%
Peta ini menunjukkan jalur yang dilalui Amazon, beberapa anak sungai, serta perkiraan luas wilayah yang dialirinya.


3. Sungai Panjang/Yangtze




Sungai Panjang atau Sungai Yangtze (Hanzi: 長江, hanyu pinyin: Changjiang, Inggris: Long River, Yangtze River) adalah sungai terpanjang di Cina dan di Asia. Panjang sungai ini adalah 6.300 km (3,915 mi).
Di dunia, Sungai Panjang adalah sungai ketiga terpanjang. Sungai ini menjadi batas selatan kebudayaan kuno Cina yang berada di antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Panjang di selatan.
Sungai ini dikenal sebagai Sungai Yangtze (hanyu pinyin: Yangzi) karena adanya salah pengertian dari para misionaris pada awalnya.
Sungai Yangtze (Hanzi: 楊子江) hanya merujuk kepada bagian hilir Sungai Panjang, namun karena ini yang pertama didengar oleh orang Barat, maka digunakanlah Sungai Yangtze untuk mewakili seluruh Sungai Panjang.

gambar aliran sungai panjang/yangtze dan kota-kota yang terletak di tepi sungainya.
  

4. Sungai Mississippi

Sungai sepanjang 6275 km ini terletak di Amerika Serikat. Mississippi artinya Bapak Air diambil dari bahasa penduduk asli Amerika.
Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir dari selatan melintasi tengah AS. Mengalir melewati negara bagian Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi.
Muara Mississippi ialah di negara bagian Louisiana, selatan kota New Orleans. Mississippi bermuara di Teluk Meksiko.
Mississippi memiliki banyak anak sungai besar seperti Sungai Missouri, Sungai Illinois, dan lain-lain.
Bisa dikatakan Sungai Mississippi dan sistem anak sungainya mendominasi kehidupan negara Amerika Serikat. Bahkan merupakan sarana transportasi yang terkenal dengan kapal uap yang khas.


5. Sungai Yenisei – Angara – Selenga


Dengan panjang 5539, sungai ini menduduki urutan kelima sungai terpanjang di dunia. Melewati batas negara antara Rusia dan Mongolia. Sungai ini bermuara ke Samudra Arktik.


6. Sungai Huangho

Sungai Huangho atau Sungai Kuning terletak di wilayah Cina. Panjangnya  5464 km. Dinamakan Sungai Kuning karena endapan sedimen yang dibawanya membuat sungai keruh kekuningan.
Sungai ini menjadi salah satu pusat peradaban dan kebudayaan tertua di Cina. Tembok Besar Cina adalah salah satu karya monumental yang dilahirkan kebudayaan Sungai Kuning.
Namun dibalik gelar sebagai salah satu sungai terpanjang didunia, sungai Kuning juga memiliki gelar ” China’s Sorrow ” atau “Petaka China” karena sungai ini sering terjadi banjir dahsyat yang memakan banyak korban jiwa dan harta benda. Seperti kisah pilu yang terjadi pada tahun 1931, dimana banjir bandang telah mengakibatkan kematian sekitar satu juta jiwa.
peta aliran sungai kuning

7. Sungai Ob – Irtysh

Sungai Ob - Irtysh adalah salah satu sungai yang terletak di Rusia bagian selatan. Sungai ini memiliki panjang 4.248 km (2.640 mil). 
Sungai ini melewati batas antara Benua Eropa dan Asia. Panjangnya 5410 km dan berhulu di Pegunungan Altai. Bermuara di tiga negara seperti RRC, Kazakhstan, dan Rusia. Sungai ini merupakan sumber air bersih di dua negara tersebut. Sungai ini membeku pada bulan November hingga Maret..



8. Sungai Kongo

Sungai Kongo juga dikenal sebagai Sungai Zaïre dan merupakan sungai terbesar di bagian barat Afrika Tengah. Sungai Kongo berhulu di Zambia dan di tempat asalnya sungai ini bernama Sungai Chambeshi. Sungai Kongo bermuara di Samudra Atlantik setelah melalui wilayah Kongo. 
Sungai ini menyusuri rute sepanjang 2.900 mil (4.700 km) dan menurut United States Geological Survey (USGS) volume sungai Kongo disebut-sebut 10 (sepuluh) kali lebih besar dibanding Niagara Falls (air terjun Niagara).
peta sungai kongo
Sungai Kongo adalah sungai terdalam di dunia dengan bagian terdalam mencapai kedalaman 755 kaki (230 m). Sungai Kongo adalah rumah bagi lebih dari 700 spesies ikan, dan di sungai ini para ilmuwan terus menemukan spesies ikan yang sebelumnya tidak diketahui. Salah satunya adalah “monster” yaitu ikan air tawar bertaring seperti Goliath Tiger Fish.
Nama Kongo berasal dari Kerajaan Kongo. Dari tahun 1971 sampai 1997, pemerintah Zaire menyebutnya Sungai Zaire.



9. Sungai Amur
Sungai Amur juga dikenal sebagai Heilong Jiang. Sungai ini memiliki hulu di Mongolia yang masuk wilayah Cina (disebelah utara Cina terdapat republik Mongolia). Di Mongolia-China, sungai ini bernama Sungai Hailar, lalu di wilayah aliran sungai lainnya sungai ini bernama Sungai Argun. Sungai Hailar atau Argun ini kemudian bertemu dengan sungai Shilka dan membentuk Sungai Amur.
Sungai Amur mengalir mulai dari perbatasan Rusia-Cina ke Siberia, kemudian menyusur wilayah timur laut Rusia dan bermuara di Selat Tatar. Total panjang sungai ini adalah 2.763 mil atau 4.444 km. Wilayah sekitar sungai Amur merupakan rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah, termasuk didalamnya adalah macan tutul Amur yang jumlahnya konon hanya tinggal 25 – 34 ekor.
Dalam bahasa Inggris, Heilong Jiang disebut Black Dragon River dan di Rusia disebut Amur. Penamaan Heilong Jiang dilakukan oleh penguasa China dari dinasti Qing yang berkuasa pada tahun 1644 – 1911.
Sungai Amur merupakan simbol dan paktor geopolitik penting dalam hubungan Cina-Rusia. Amur sangat penting pada periode perpecahan Sino-Soviet tahun 1960-an.
peta sungai Amur



10 Sungai Lena

Dan inilah sungai yang menduduki peringkat 10 sungai terpanjang di dunia.
Sungai Lena memiliki panjang 2.734 mil (4.400 km), berhulu di danau Baikal yang terletak di sebelah barat pegunungan Siberia. Sungai Lena mengalir ke utara melintasi Rusia dan bermuara di Laut Arktik. Umumnya daerah Arktik yang dingin, membuat sungai Lena juga mengalami pembekuan selama musim dingin bahkan sungai ini rata-rata membeku selama tujuh bulan setiap tahun.
Dalam setahun, lapisan es yang menutupi sunagi Lena dapat mencapai ketebalan lebih dari 30 kaki (sekitar 90-100 cm).
Daerah aliran sungai Lena kaya akan mineral sehingga banyak terdapat perusahaan pertambangan yang beroperasi di wilayah tersebut. Batu bara, emas dan logam mulia lainnya merupakan sumber daya alam yang menjadi komoditi utama, termasuk didalamnya adalah berlian.
peta sungai lena
Ditepi sungai Lena berdiri kota Yakutsk yang merupakan produsen dan pengekspor berlian terbesar kedua dididunia. Di bagian delta sungai Lena ditemukan fosil tengkorak dan taring dari mammoth atau gajah purba.

Khusus Indonesia, sungai terpanjangnya adalah Sungai Kapuas di Kalimantan Barat dengan panjang 1143 km.











1 komentar: